Kamis, 11 April 2013

Watak Berdasarkan Hari dan Pasaran

Bumi dan alam semesta selalu bergerak, satu rotasi perputaran bumi membutuhkan kurang lebih 24 Jam atau 1440 menit atau 86400 detik. Dikarenakan gerakan bumi tidak pernah berhenti, maka setiap detik posisinya berubah. Untuk kembali pada posisi yang sama, membutuhkan siklus waktu tertentu. Rata-rata siklus jam membutuhkan waktu 24 jam, siklus pasaran (Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Paing) membutuhkan waktu 5 hari. Siklus hari membutuhkan waktu 7 hari. Sedangkan siklus gabungan antara hari dan pasaran (mis: Senin dan Kliwon) membutuhkan waktu selapan, atau 35 hari. Setiap siklus berhubungan dengan posisi orbit bumi. 
Dengan latar belakang tersebut, maka kelahiran manusia di alam semesta ini dengan sendirinya akan menempati salah satu siklus diantara siklus-siklus yang ada. Secara umum manusia yang dilahirkan pada hari Senin Kliwon, akan masuk ke dalam siklus Senin Kliwon yang telah dihuni oleh banyak orang sebelumnya, yang lahir pada hari pasaran yang sama. Oleh karena itu secara umum mereka menjadi satu wadah yang bernama siklus. Berdasarkan 'Ilmu Titen' atau ilmu hasil dari mengenali yang terdahulu dan terus berlangsung turun-temurun, watak seseorang secara garis besar dapat dikenali melalui hari dan pasaran kelahirannya. Pengenalan watak dan sifat seseorang dijabarkan pada 12 kelompok, yang sesuai dengan jumlah hari dan pasaran kelahirannya. (lihat tabel)

Hari Nilai Angka
Senin 4
Selasa 3
Rabu 7
Kamis 8
Jumat 6
Sabtu 9
Minggu 5

Pasaran Nilai Angka
Pon 7
Wage 4
Kliwon 8
Legi 5
Paing 9

Jumlah 7, yang lahir pada hari pasaran: Selasa 3 dan Wage 4 Pada dasarnya berwatak baik, menerima apa adanya, gemar mengolah ilmu 'Kapadhitan' dan senang pergi jauh. Bicaranya tidak mau kalah, Besar keberuntungannya. Hati-hati dengan penyakit yang menyerang kepala.

Jumlah 8, yang lahir pada hari pasaran: Senin Wage dan Selasa Legi Hatinya panas, agak dengki, selalu merasa kurang, senang bertengkar, saat marah membahayakan, karena ulahnya, banyak orang terhambat prestasinya.
Jumlah 9, yang lahir pada hari pasaran: Senin Legi dan Minggu Wage Watak dan sifatnya 'rongeh' tidak bisa tenang, senang pindhah-pindhah dan mencari pengalaman di tempat jauh, jika punya mantera tidak manjur, bahkan bisa menimbulkan kerusakan. Masa bodoh dengan pembicaraan atau pendapat orang lain. 

Jumlah 10, yang lahir pada hari pasaran: Selasa Pon, Jumat Wage dan Minggu Legi Wataknya tenang, konsisten, mudah menyerap ilmu yang diajarkan, dapat menjadi konsultan permasalahan keluarga, Tidak suka ditanya untuk mengungkapkan masalahnya sendiri, tetapi lebih suka menasehati orang lain. Murah senyum dan kasih kepada saudara.

Jumlah 11, yang lahir pada hari pasaran: Senin Pon, Selasa Kliwon, Rabu Wage dan Jumat Legi.

Pada dasarnya baik, percaya diri, pemberani, tidak takut mati. Suka memberi kepada sesamanya. Sayangnya jika terpojok dan tertekan ekonominya, dapat melakukan perbuatan yang tidak terpuji, yaitu mencuri..
Jumlah 12, yang lahir pada hari pasaran: Senin Kliwon, Selasa Pahing, Rabu Legi, Kamis Wage dan Minggu Pon.

Tidak bisa menerima keadaan atau takdir, banyak yang ingin diraih, kurang menyenangkan, mencintai karena kekayaannya, ketampanannya atau kecantikannya 'kadang kunang.' Mudah mencari rejeki, tetapi sering kehilangan pula.

Jumlah 13, yang lahir pada hari pasaran: Senin Pahing, Kamis Legi, Jumat Pon, Sabtu Wage dan Minggu Kliwon.
Bicaranya menyenangkan. Hatinya baik, mendambakan kerukunan dan kedamaian keluarga dan saudara., tidak mempunyai nafsu jahat, kuat untuk menahan tidur, cepat mencapai sejahtera lahir batin, jika berdagang rajin dan tekun. Namun perlu hati-hati karena wataknya yang baik, banyak pujian yang dapat mengakibatkan kesombongan.

Jumlah 14, yang lahir pada hari pasaran: Rabu Pon, Jumat Kliwon, Sabtu Legi dan Minggu Pahing.
Rendah hati, serba bisa, cepat menangkap ilmu yang diajarkan, jika tidak mempunyai rejeki ada orang yang datang memberi. Sayangnya agak sungkan dan tidak kaya. 

Jumlah 15, yang lahir pada hari pasaran: Rabu Kliwon, Kamis Pon dan Jumat Pahing. Berkemauan keras, teguh pendiriannya, sangat hati-hati, cukup rejekinya, sejahtera, pandai memimpin, banyak sahabat yang mencintai. Sayangnya justru sering cekcok dengan pasangannya.

Jumlah 16, yang lahir pada hari pasaran: Rabu Pahing, Kamis Kliwon dan Sabtu Pon. Tidak lancar dalam perkawinan, bicaranya menyenangkan tidak menyakitkan, pemaaf, banyak komentar atas hasil orang lain, apa yang dikerjakan dapat terwujud, hal makanan mempunyai seleranya sendiri.

Jumlah 17, yang lahir pada hari pasaran: Kamis Pahing dan Sabtu Kliwon. Pendiam, bicaranya tenang-tenang menghanyutkan, sering gagal mewujudkan keinginannya di dalam kerja, bahkan dapat mencelakainya, namun sering juga ditolong orang lain. Tetapi jika pada suatu saat apa yang diinginkan terwujud, akan menuai kegembiraan yang luar biasa. Perlu hati-hati karena sering di fitnah orang. 

Jumlah 18, yang lahir pada hari pasaran: Sabtu Pahing. Kelewat berani kurang perhitungan, suka pamer, sombong dan panas hati. Kurang perhitungan, bergaya sok kaya. Jika bertengkar dengan siapa pun tak pernah mengalah. Tetapi sesungguhnya kalau digertak akan kalah, karena rasa malu lebih menonjol dan nampak pada mukanya yang pucat.
herjaka

0 komentar:

Posting Komentar